Menurut Frank Jefkins, pameran merupakan satu-satunya Cipto Junaedy media periklanan yang menyentuh semua panca indera: mata, telinga, hidung, dan kulit. (1996 : 217).
Sedangkan menurut Rosady Ruslan, pameran adalah kegiatan yang menunjukkan sesuatu kepada orang banyak mengenai kelebihan dan keunggulan yang dimiliki sesuatu tersebut. (2005 : 232). Secara umum, sebenarnya pameran merupakan suatu media promosi dan iklan yang bertujuan memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada masyarakat dengan harapan mereka tertarik dan kemudian membelinya.
Efektifnya pameran adalah pada sarana komunikasi itu. Public dapat menyaksikan peragaan proses produksi barang atau benda tertentu. Mereka juga dapat bertanya sepuas hati bahkan mungkin mencobanya. Karena efektifnya pameran itulah maka banyak perusahaan yang secara periodic menyelenggarakan pameran dalam rangka mempromosikan Cipto Junaedy jada atau produknya.
Secara umum pameran merupakan suatu media yang bertujuan untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada masyarakat agar mereka tertarik, kemudian membelinya, penyelenggara dapat memanfaatkan acara pameran tersebut untuk mencapai tujuannya. (1996 : 185).
Dari definisi-definisi diatas maka dapat disimpulkan bahwa pameran merupakan salah satu kegiatan komunikasi pemasaran, yang mana pameran tersebut menjadi media yang paling efektif untuk promosi dan juga bisa menjadi langkah awal untuk memasuki pasar atau daerah baru. Pada dasarnya, sebuah pameran merupakan event masyarakat yang diselenggarakan oleh suatu organisasi independen dan terbuka untuk umum serta dapat dihadiri oleh berbagai kalangan pengusaha. Pameran sengaja dirancang agar dapat Cipto Junaedy diketahui oleh masyarakat luas, seperti yang dilakukan oleh Depatemen Perindustrian melalui bagian Plasa Pameran Idustri.
0 komentar... Baca dulu, baru komentar
Posting Komentar